tulisan teori 4

Senin, 22 November 2010

Menu Untuk Mood
Makan bukan hanya untuk mengenyangkan tubuh atau sekedar memenuhi kebutuhan nutrisi. Pilihan makanan yang tepat bisa membangkitkan mood tertentu yang bisa mempengaruhi komposisi kimia di otak.
MAKANAN MEMBANTU TIDUR
PISANG
Sangat membantu penderita sleep apnea, gangguan tidur akibat kesulitan berhafas. Fosfolipids atau asam lemak diketahui dapat membuat tenggorokan terbuka. Dalam pisang, fosfolipids bisa tetap aktif berada di mulut selam 6 jam. Kandungan potasiumnya juga membantu si kecil tidur nyenyak karena melepaskan myosin yang berperan dalam relaksasi otot.
AYAM
Selain mengandung protein, daging ayam kaya vitamin B3 yang membantu sintesis serotonin dan membantu si kecil mendapatkan tidur sehat ayng berkualitas. Kandungan vitamin B12 juga membantu mengatasi gangguan ritme sirkadian, yakni mekanisme alami tubuh yang menentukan kapan dan berapa lama waktu tidur.
YOGHURT
Pilihan tepat bagi anak yang sulit tidur. Yoghurt kaya magnesium yang bisa membuat saraf-saraf tubuh yang tegang serta otot dan pembuluh darah yang “mengendur” menjadi relaks. Si kecil pun tidur nyenyak sepanjang malam. Yoghurt juga mengandung triptofan yang menimbulkan kantuk.
AVOKAD
Tubuh si kecil perlu lemak, dalam avokad terdapat lemak jenuh atau omega 9 yang bagus, berguna membentuk sel baru termasuk sel – sel otak.
NASI
Makanan pokok ini memang tepat sebagai sumber karbohidrat komplek yang paling baik disimpan di otot.Jika kelak dibutuhkan, bisa digunakan sebagai sumber energy utama. Nasi juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan otak si kecil.
SUSU
Proteinnya berkualitas tinggi yang mengandung asam amino esensial yang tidak bisa dihasilkan tubuh, salah satunya adalah triptofan. Kandungan kalsium dan magnesium dalam susu mambantu mempercepat perubahan triptofan menjadi serotonin. Selain member rasa tenang dan relaks, serotonin juga menimbulkan rasa mengantuk.
TELUR
Kandungan vitamin B membantu pembentukan neurotransmitter. Selain itu telur juga kaya kandungan kolin yang dibutuhkan untuk kerja otak dan fungsi memori. Dalam satu butir telur terkandung 9 asam amino esensial dan protein dan bagusnya telur juga rendah kandunagn lemak jenuh.
KEJU
Keju bisa melepaskan stress karena kandungan triptofan di dalamnya melepaskan serotonin yang mengirimkan pesan pada otak untuk relaks. Dari beragam jenis kejum cheddar, gruyere dan keju swiss adalah keju yang cocok untuk memberikan efek menenangkan.

semoga bermanfaat........... thaks ^_^

0 komentar:

Posting Komentar