tugas teori organisasi umum 3

Senin, 22 November 2010

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM 3
Apa sajakah cirri-ciri dari organisasi informal dan organisasi modern?
Ciri khas oragnisasi formal:
  1. Bersifat impersonal dan zakelijk-objektif.
  2. Kedudukan setiap individu berdasarkan fungsi masing – masing didalam satu system hierarki, dengan tugas pekerjaan masing – masing.
  3. Ada relasi formal berlandaskan alas an –alasan idiil dan konvensi yang zakelijk dan/atau status resmi dalam organisasi.
  4. Suasana kerja dan komunikasi berlandaskan paad kompetisi atau persainagn dan efiensi.
Ciri khas organisasi modern:
  1. Terintegrasi dengan baik.
  2. Di luar kelompok primer atau modern ini terdapat kelompok yang lebih besar, yaitu kelompok formal atau sekunder dimana kelompok primer menjadi bagian daripadanya.
  3. Setiap anggota secara individual mengadakan interelasi berupa jaringan perikatan yang pribadi atau personal disertai komuniksi akrab.
  4. Terdapat iklim psikis “suak dan tidak suka” atau “acuh dan tidak acuh”.
  5. Sedikit atau banyak, setiap anggota mempunyai sikap yang pasti terhadap anggota-anggota lainnya, dan dimuati afeksi serta emosi tertentu.

Apa yang dimaksud denagn struktur organisasi?
Struktur organisasi daapt didefinisikan sebagai suatu system atau jaringan kerja terhadap tugas – tugas system pelaporan dan komuniaksi yang menghubungkan secara bersama pekerjaan individual dengan kelompok.

Apa yang dimaksud dengan organisasi dalam arti statis? Sebut dan jelaskan berbagai macan pandangan tentang organisasi dalam arti statis?
Organisasi statis adalah gambaran secara skematis tentang hubungan kerjasama antara orang-orang yang terdapat dalam suatu usaha untuk mencapai sesuatu tujuan.
Secara sederhana organisasi mempunyai 3 unsur, sebutkan?
Secara sederhana organisasi memiliki tiga unsur, yaitu ada orang, ada kerjasama, dan ada tujuan bersama. Tiga unsur organisasi itu tidak berdiri sendiri-sendiri, akan tetapi saling kait atau saling berhubungan sehingga merupakan suatu kesatuan yang utuh. Adapun unsur-unsur organisasi secara terperinci adalah :
1. Manusia (Man) : dalam keorganisasian, manusia sering disebut sebagai pegawai atau personel yang terdiri dari semua anggota organisasi tersebut yang menurut fungsidan tingkatannyaterdiri dari pimpinan(administrator) sebagai unsur pimpinan tertinggi dalam organisasi, manajer yang memimpin tiap-tiap satuan unit kerja yang sudah dibagikan sesuai dengan tugas dan fungsinya, dan para pekerja.
2. Kerjasama (Team Work) : suatu kegiatan bantu-membantu antar sesama anggota oeganisasi yang dilakukan bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama. oleh karena itu, anggota organisasi dibagi menjadi beberapa bagian sesuai fungsi, tugas dan tingkatannya masing-masing.
3. Tujuan bersama (Goals Oriented) : adalah arah atau sasaran yang dicapai. Tujuan merupakan titik akhir dari apa yang diharapkan atau dicapai dalam organisasi. Setiap anggota sebuah organisasi harus mempunya tujuan yang sama agar organisasi tersebut dapat berjalan sesuai dengan keinginan bersama.
4. Peralatan (Equipment) : segala sesuatu yang digunakan dalam organisasi seperti uang, kendaraan, gedung, tanah dan barang modal lainnya.
5. Lingkungan ( Environtment) : yang termasuk kedalam unsur lingkungan adalah :
a. kondisi atau situasi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi berjalannya organisasikarena kondisi atau situasi sangat dekat hubungannya dengan organisasi dan anggotanya.
b. tempat atau lokasi, karena mempengaruhi sarana transportasi dan komunikasi.
c. Wilayah operasi yang dijadikan sarana kegiatan organisasi, wilayah operasi dibagi menjadi empat, yaitu : wilayah kegiatan, wilayah jangkauan, wilayah personil, wilayah kewenangan atau kekuasaan.
6. Kekayaan alam : yang dimaksud adalah cuaca, keadaan geografis, flora, fauna dll.
7. Kerangka/kontruksi mental organisasi itu sendiri.
Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :
- Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.
- Harus ada orang-orang yang bekerja sama.
- Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.
- Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.
Apakah yang dimaksud dengan organisasi dalam arti dinamis? Sebut dan jelaskan berbagai macam pandangan tentang organisasi daalm arti dinamis?
Organisasi dinamis adalah setiap kegiatan yang berhubungan dengan usaha merencanakan skema organis, mengadakan departemenisasi, menetapkan wewenang, tugas, dan tanggung jawab dari orang-orang di dalam suatu badan/organisasi. Atau di singkat sebagai kegiatan-kegiatan mengorganisir yaitu kegiatan menetapkan susunan organisasi suatu usaha.
Organisasi niaga/organisasi ekonomi adalah Organisasi yang berorientasi pada aspek ekonomi (economic organizations), yaitu organisasi yang menyediakan barang dan jasa sebagai imbalan dalam pembayaran dalam bentuk tertentu.
Pengertian organisasi sosial menurut Amitai Etzioniorganisasi adalah unit sosial (pengelompokan manusia) yang sengaja dibentuk dan dibentuk kembali dengan penuh pertimbangan dalam rangka mencapai tujuan tertentu
Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.

maaf ibu baru 5 soal.... 
yang lain menyusul........

0 komentar:

Posting Komentar