tugas teori organisasi umum 1

Rabu, 13 Oktober 2010

PENGALAMAN BERORGANISASI
Saya Santi seorang mahasiswa dari suatu perguruan tinggi di Depok jurusan yang saya ambil adalah Sistem Informasi. Saya mendapat tugas dari dosen untuk menulis suatu pengalaman saya tentang berorganisasi. Disini saya akan berbagi pengalaman tentang kegiatan dalam berorganisasi. Sebelumnya kita harus tahu apa itu organisasi???
Organisasi adalah setiap bentuk persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, dan terikat secara formal dalam satu ikatan hierarki dimana selalu terdapat hubungan antara seseorang. Organisasi dapat dibedakan menjadi dua yaitu :
  1. Organisasi formal adalah organisasi diatas kertas dengan relasi – relasi logis berdasarkan peraturan, konvensi dan kebijakan/policy dari organisasi dengan pembagian tugas pekerjaan dan hierarki kerja.
  2. Organisasi informal adalah system interelasi manusiawi berdasarkan rasa suak dan tidak suka dengan iklim psikis yang intim, kontak muka berhadapan muka, serta moral tinggi.
Saya pernah mengikuti suatu organisasi di sekolah yang sering disebut dengan OSIS. Semenjak saya duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) sampai saya di sekolah menengah atas (SMA). Saya bertugas sebagai sekertaris dan bendahara pada waktu itu. Banyak sekali hal yang dapat saya pelajari selama saya menjadi anggota OSIS. Salah satunya melatih kedisiplinan, menambah wawasan, dan melatih kita untuk menghargai pendapat orang lain, dan yang paling penting adalah melatih kita untuk berorganisasi.
Di dalam organisasi dibutuhkan seorang ketua dan anggota yang menjalankan semua kegiatan dari organisasai tersebut. Disamping ketua kita juga membutuhkan seorang narasumber, disini kita membutuhkan seorang guru Pembina untuk mengontrol dan menyetujui usulan atau proposal kegiatan dari organisasi. OSIS merupakan sarana bagi murid atau siswa untuk berkreasi atau sebagai sarana untuk mengeksploitasi bakat yang kita punya terutama dalam kepemimpinan.
Banyak sekali kegitan yang dapat kita lakukan dalam kita berorganisasi, OSIS dapat menyelenggarakan kegitan untuk memajukan ekskul disekolah masing – masing. Sebagai contoh OSIS menyelenggarakan acara untuk perlombaan antar sekolah lain dan daalm acara tersebut kita terlibat langsung di dalamnya istilahnya di belakang panggung. Kita bisa melatih kemmpuan kita untuk memimpin suatu kelompok atau tim agar semua kegiatan berjalan dengan lancar.
Kita juga berlatih untuk berdiskusi, bersosialisasi, berargument, dan banyak hal yang kita dapat peroleh saat kita bergabung dalam suatu organisasi. OSIS merupakan organisasi yang sangat berperan besar dalam membangun identitas atau jati diri bagi siswa. OSIS terdiri dari berbagai bidang di sekolah missal ada seksi keagamaan, seksi olah raga dan lain – lain.
Dalam melakukan seluruh kegiatan kita dibantu atau dibimbing oleh seorang Pembina yang mengkoordinasi kegiatan yang kita lakukan. Disamping kegiatan di lingkup sekolah OSIS juga mengadakan kegiatan di luar sekolah missal mengadakan outbound yang melatih atau membentuk kepribadian siswa agar menjadi siswa atau anak didik yang mandiri serta berperilaku yang dan beretika baik.
OSIS merupakan wadah bagi siswa untuk mengasah bakat yang dimiliki missal kita suka dengan baris berbaris, di organisasi ini ada bidang yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi pasukan paskibra sekolah. Saya sendiri mengikuti kegiatan yaitu baris berbaris, nyanyi dan seni rupa. Setiap sebulan sekali kita mengadakan rapat yang dihadiri oleh ketua Pembina, guru pembina dan semua anggota OSIS, kita membahas tentang apa saja kegiatan yang kita lakukan dan membahas prospek bulan depan untuk kegiatan organisasi intern siswa.
Kita masing – masing mengemukakan hasil kinerja dan pendapat dari semua anggota yang hadir pada rapat, itu sangat melatih percaya diri kita di muka umum dan membantu kita untuk menghargai pendapat orang lain terutama. Dalam menjalankan tugas dari masing – masing bidang kita diawasi atau dibimbing seorang guru atau senior dan mengontrol kegitan.
Dalam melakukan kegiatan harus disetujui oleh ketua Pembina yaitu kalau di OSIS kepala sekolah, dan sebelumnya kita mengajukan proposal kegitan yang akan kita selenggarakan. Selain OSIS saya dirumah mempunyai organisasi yaitu organisasi karang taruna yang bermanfaat untuk kemajuan desa atau wilayah tempat tinggal kita. Secara umum anggotanya yaitu anak muda, biasanya kita mengadakan acara pada saat peringatan hari – hari besar missal 17 Agustus, halal bihalal, isro’ miraj dll. Ini juga membantu kita untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggal kita. Demikian pengalaman organisasi yang pernah saya ikuti dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar