tulisan pertamaku :)

Rabu, 13 Oktober 2010

SATU LANGKAH LAGI KE
DUNIA NYATA!
Tak terasa kuliah hamper selesai. Ingin segera lulus dengan nilai cemerlang dan cepat? Belajar dari pengalaman!
Masa kuliah bisa dikatakan bagian masa muda yang harus disyukuri. Sebagai mahasiswa, Anda bisa tentukan sendiri mau kuliah apa. Tapi sesuatu di dunia ini selalu ada awal dan akhir. Tak terasa, Anda sudah hamper masuk garis finish. Dalam beberapa saat, Anda akan meninggalkan bangku kuliahdan masuk ke dunia kerja. Bagaimana agar masa kuliah yang penuh keceriaaan bisa ditutup dengan hasil yang memuaskan?
KALAU KERJA LAPANGAN JADI AWAL

Pada beberapa fakultas, terutama yang berkaitan dengan ilmu – ilmu terapan, sebelum menulis skripsi Anda harus ikut Praktek Kerja Lapangan (PKL). Ini saatnya mahasiswa terjun kelapangan yang berkaitan dengan bidang ilmunya. Kegiatan ini dapat diikuti oleh mahasiswa disemester 7.
Proses awal PKL bermacam – macam. Sebagai contoh mahasiswa Fakultas Teknik, Anda harus mencari satu proyek yang diminati. Lalu, buat surat permohonan ke pemimpin proyek yang dikeluarkan oleh fakultas untuk melakukan praktek lapangan. Anda harus konsultasi selama seminggu kepada dosen, untuk mendapat pengarahan selama melakukan PKL. Kemudian baru Anda terjun ke PKL selama tiga bulan. Tujuan PKL adalah untuk mengalami secara langsung apa yang mungkin tak dipelajari selama kuliah. “Selain mencari data penelitian, mahasiswa juga bisa melihat langsung kondisi lapangan dan mepraktekkan ilmu yang pernah didapat secara teoritis. Ini sebagai persiapan untuk terjun ke dunia kerja.
Selain PKL selanjutnya Anda akan menyusun laporan tertulis berisi hasil pengamatan selama kerja di lapangan. Topik yang dibahas: mulai dari struktur organisasi proyek, proses tender, hingga pengerjaan proyek itu sendiri. Laporan karja lapangan tersebut diakhiri denagn sebuah kesimpulan atas pengalaman yang telah dilakukan. Berdasarkan laporan kerja lapangan ini, dosen bisa menilai apakah Anda telah mendapatkan “sesuatu” di lapangan atau tidak.
Selesai PKL, masih ada satu tahap penentu yang harus dijalani yaitu penulisan skripsi. Dan di skripsi ini Anda akan membeberkan lebih lanjut hasil penelitian lapangan, juga dilengkapi dengan analisis dan bukti – bukti ilmiah.

0 komentar:

Posting Komentar