tugas teori organisasi umum 2

Rabu, 13 Oktober 2010

  1. PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi adalah perserikatan orang- orang yang masing- masing diberi peranan tertentu dalam suatu system kerja dan pembagiannya dalam mana pekerjaan itu diperinci menjadi tugas – tugas dibagikan diantara pemegang peranan dan digabung kedalam beberapa bentuk hasil. Hakikat organisasi adalah adanya orang – orang yang usahanya harus dikoordinasikan tersusun dari sejumlah sub system yang saling bergantungan dan saling tergantung bekerj bersama atas dasar pembagian kerja, peran dan wewenang serta mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai.
  1. PENTINGNYA ORGANISASI
Organisasi sangatlah penting bagi siapa saja yang mengikutinya dan memahami apa itu organisasi. Mnusia adalah mahkluk social yang hidupnya selalu berkelompok senantiasa bergabung dalam satu ruang atau medan social. Pribadinya selalu menjadi bagian dari kelompoknya dan dia menjadi “onderdil” dari suatu masyarakat. Dengan begitu dia lebih banyak ditentukan secara social oleh lingkungannya. Dan kehadiran manusia lain itu mutlak diperlukan untuk melestarikan hidupnya, sebab ia tak bisa hidup sendiriran tanpa dibantu orang lain.
Unsur esensial dalam kelompok ialah interdependensi (salingbergantung) satu anggota dengan anggota lainnya, dan proses saling mempengaruhi, sehingga terjadi dinamika kelompok. Maka longgar atau kompaknya ketergantungan anggota ditentukan oleh beberapa factor, yaitu jumlah anggota, tujuan yang ingin dicapai, susunan organisasi yang sudah dibentuk.
Organisasi merupakan wadah untuk mengekspresikan diri dan bakat yang kita miliki supaya terarah dengan benar dan tentunya berguna bagi masyarakat atau orang lain. Sebagai contoh kita mengikuti organisasi paduan suara di kampus, manfaat yang dapat kita peroleh antara lain kita dapat melatih vocal agar lebih terarah dan memberikan prestasi dibidang yang kita tekuni untuk kebaikan nama kampus.
Saya memilih ikut dalam organisasi OSIS karena ingin melatih kepemimpinan dalam diri sendiri supaya dalam bertindak kita dapat memikirkan apa yang akan terjadi kedepan. Saya selama menjadi siswa di salah satu sekolah negeri di BOYOLALI baik itu SMP/SMA saya mengikuti kegiatan organisasi OSIS, karena guna menambah wawasan dalam berorganisasi dan melatih untuk bertanggung jawab dengan apa yang sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai anggota OSIS. Selama 6 tahun saya menjadi anggota organisasi disekolah dan selama itu saya mendapatkan latihan untuk menentukan keputusan, menghargai pendapat, mengeluarkan pendapat, serta bertanggung jawab dengan tugas yang telah diberikan kepada kita.
Anggota itu sendiri terdiri dari semua siswa yang bersekolah di sekolah tersebut, tetapi yang berperan aktif yaitu orang – orang yang terpilih dari setiap perwakilan kelas masing. Dan yang memimpin organisasi tersebut merupakan siswa yang ditunjuk melalui pemilihan dari semua siswa di sekolah tersebut.


0 komentar:

Posting Komentar